Kota Balikpapan Lokus Temu Bupati Barru dan Bupati Kota Baru Diskusi IKN dengan Walikota

Kota Balikpapan Lokus Temu Bupati Barru dan Bupati Kota Baru Diskusi IKN dengan Walikota
Bupati Barru Temui Walikota Balikpapan bersama Bupati Kotabaru

BALIKPAPAN - Gema Ibukota Negara Baru yang sedianya dirancang bangun dan telah dimulai untuk diletakkan di Pulau Kalimantan, menjadi potensi besar untuk Barru sebagai Pintu Masuk atau Hinterland (Daerah Penunjang) di pesisir barat Pulau Sulawesi.

Beruntungnya, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si intens untuk terus membuka komunikasi dan membawa keunggulan Barru demi langkah terbaik menyiapkan Daerah mensupport hal ini.

Setelah sebulan lalu, berbalas kunjungan dengan Bupati Kotabaru di Kalimantan Selatan, siang tadi, Bupati Suardi Saleh lakukan lawatan perdananya di Tahun 2022, dengan membangun Kerjasama Lintas Kabupaten Antar Provinsi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (11/1/2022).

Dirinya menyebutkan hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan kerjasama membuka akses yang menghubungkan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi, melalui Pelabuhan Kabupaten Barru.

"Alhamdulillah, kita bersama bahas kerjasama saling memasarkan hasil pertanian dan sumberdaya alam kita, untuk dibawa kesini, termasuk menindaklanjuti peningkatan akses penyeberangan yang menghubungkan langsung Kotabaru, dan Sulawesi Barat hingga ke Bontang, Kalimantan Timur, " sebut Suardi Saleh yang dibersamai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, DR. Ir. Abustan AB M.Si.

Bupati Barru menyebut beberapa keunggulan Barru baik dari segi ketersediaan sarana prasarana kepelabuhanan maupun potensi peternakan dan pertanian yang selama ini dikenal sebagai sumber Sapi Bali terbaik di Indonesia.

Pertemuan yang bersejarah ini, juga dihadiri langsung oleh Bupati Kotabaru, H.Sayed Jafar, SH, dan disambut Walikota Balikpapan (Kaltim), Rahmad Mas’ud, di Aula Balaikota Balikpapan.

Kerjasama dalam rangka membuka konektivitas bidang perekonomian seperti perdagangan, pertanian, peternakan setra sektor pariwisata, nantinya akan melibatkan 5 Daerah di 4 Provinsi di Indonesia.

Sementara itu, selaku Tuan Rumah, Walikota Balikpapan menyebutkan bahwa kota Balikpapan yang akan menjadi penyangga ibu kota negara sangat membutuhkan pasokan di bidang pangan khususnya ayam dan daging sapi.

“Kami saat ini juga sedang berencana melalui perusahaan daerah, untuk membuka usaha penerbangan antara kota Balikpapan dengan kota-kota lain di Kalimantan, khusus nya Kotabaru dan Sulawesi” terang Rahmad Mas’ud.

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, menyebut pertemuan ini sebagai wujud melaksanakan program pemerintah pusat untuk membuka jalur tol laut.

“Kita akan membuka rute kapal laut meliputi Kotabaru – Barru – Mamuju – Bontang dan Balikpapan, sehingga akan meningkatkan konektifitas antar kota, kabupaten dan provinsi, karena kapal ini nantinya memiliki kapasitas 2500 penumpang dan 450 kendaraan, yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara” ungkap Sayed Jafar yang memiliki darah Bugis Barru.

Ditambahkannya, Kotabaru, Balikpapan, Bontang dan Barru sebagai daerah pesisir, memiliki hubungan emosional yang cukup erat karena cukup banyak warga Bugis bermukim di sana, sehingga masih ada kaitan kekeluargaan.

"Ini sebagai modal penting yang akan semakin mempererat hubungan antar kabupaten dan kota tersebut, apabila ada sarana transportasi yang mudah dan murah, ” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Kotabaru mengaku siap, jika kabupatennya sebagai daerah penyuplai sektor perikanan dan potensial di bidang pariwisata yang sangat beragam.

Selanjutnya, Bupati Barru dan segenap pejabat akan melanjutkan lawatan kerjanya untuk pertemuan bersama Pemda Kotabaru dengan Pemerintah Kota Bontang pada Rabu besok.

(Humas Barru)

Lutim Sulsel Pangandaean jawa barat
Muh Hasyim Hanis, SE, S.Pd

Muh Hasyim Hanis, SE, S.Pd

Artikel Sebelumnya

Bersama Bu Dokter Hasnah Syam, Bupati Suardi...

Artikel Berikutnya

Bupati Barru Suardi Saleh Bangga Vaksinasi...

Berita terkait

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 325

Postingan Tahun ini: 1340

Registered: May 24, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 320

Postingan Tahun ini: 2049

Registered: Jul 16, 2020

Basory

Basory

Postingan Bulan ini: 173

Postingan Tahun ini: 595

Registered: Oct 11, 2021

Maskuri

Maskuri

Postingan Bulan ini: 172

Postingan Tahun ini: 276

Registered: Mar 10, 2022

Profle

Agung widodo

Prajurit TNI Kodim Klaten dan Warga Nanggulan Turunkan Material Dengan Strategi Tempur
Adanya Program TMMD Reg di Kodim Klaten, Ini Harapan Pedagang Keliling di Desa Nanggulan
Kakek Sumarno Setiap Hari “Mainkan Cangkul” bantu Penyiapan Satgas TMMD Reg 113 
Pasang Umbul-umbul, Oh, Begini Cara Warga Nanggulan Untuk Menyambut TMMD

Follow Us

Recommended Posts

Guru Besar Unhas Puji Kebijakan Gubernur Sulsel Tahan TPP ASN Yang Tak Vaksin Booster 
Pemprov Sulsel Lakukan Penanaman 39 ribu Batang Mangrove di Desa Marannu Maros
Gubernur Sulsel Buka 69th COE Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Indonesia
Kementerian ATR Apresiasi Gubernur Sulsel Terkait Pemahaman Tata Ruang
Gubernur Sulsel Lapor Menteri PUPR Terkait Kondisi Jalan Menuju Seko - Rampi