Dialog Kebangsaan HMI Barru, Kadispora Anwar Ridwan Urai Peran Pemuda Recovery Ekonomi 

Dialog Kebangsaan HMI Barru, Kadispora Anwar Ridwan Urai Peran Pemuda Recovery Ekonomi 

BARRU - Dalam rangkaian Milad HMI Ke-75, digelar Dialog Kebangsaan yang hadirkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs. Anwar Ridwan M.Si oleh HMI Cabang Barru dan Presidium KAHMI Barru, Ahmad Kamal, S.Ag.

Dengan mengangkat tema, peran pemuda dalam pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Barru, HMI Cabang Barru yang menjadi empunya dialog, membedah recovery ekonomi di Warkop Azi, Jl. Pettarani, Barru, malam tadi, Rabu (9/2/2022).

Anwar Ridwan menyebutkan arah regulasi dalam Pembangunan Kepemudaan yang beriman dan memiliki akhlak yang mulia disertai kreativitas dan inovatif serta menyampaikan peran Pemda Barru untuk pembangunan pemuda.

"Strategi untuk pembangunan kepemudaan ada tiga, dimulai dari penyadaran kepemudaan yang memiliki tanggung jawab bersama hak mereka, kemudian pemberdayaan pemuda yang pada akhirnya ke pembangunan pemuda, " urai mantan Camat Tanete Rilau ini.

Dirinya menyebut bahwa menangkap peluang pembangunan IKN serta kebutuhan pangan di Kalimantan melalui jalur pelabuhan Garongkong, harusnya sudah bisa dijangkau oleh Pemuda selain pemberdayaan dalam berwirausaha di Daerah.

"Waktu Pemda ke Kota Baru dan Bontang, bersama Bapak Bupati Barru (Ir. H. Suardi Saleh M.Si), Bupati Kotabaru dengan lugas menyebutkan kebutuhan daging sapi hingga Seratus ekor perbulan, apalagi Barru adalah produsen bibit Sapi Bali yang diakui Nasional, ayo tangkap peluang ini, " sebut Ketua Pemuda Panca Marga Barru ini memotivasi dan menyampaikan informasi peluang bisnis yang sangat prospektif.

Kegiatan ini juga menghadirkan Ardi Susanto, SH selaku tokoh pemuda yang memiliki latar belakang enterpreneur.

"Inovasi itu membuat sesuatu yang belum ada menjadi ada, kalau sudah ada maka buat lebih baik atau sempurnakan, kalaupun menemukan produk yang sudah sempurna, buatlah beredar dipasar lebih banyak, makanan Tape dan Lemmang saja, sisa diberi kemasan dan merk itu sudah inovatif, " sebut Ardi Susanto mendaraskan makna inovasi serta meminta untuk memahami karakteristik pasar yang sudah bergeser akibat Pandemi Covid-19, dengan perubahan menuju era Society 5.0.

Aktivis HMI yang pernah menjadi penjual kendaraan roda empat dan pengembang perumahan ini, lebih menekankan pada membangun trust atau kepercayaan publik serta manajemen pasar untuk menutupi lemahnya kepemilikan modal.

"Berbisnis tidak harus menggunakan modal uang sendiri, sepanjang integritas dan trust ada, tanpa modal pun bisa, istilah Bugisnya Minyya na tomma igoreang ngi, atau memanfaatkan dana tidur investor, jadilah dulu terpercaya, " sebut Ardi yang kini telah mundur dan istirahat dari Dunia Bisnis yang ia geluti karena harus fokus sebagai pejabat yang melayani kehumasan, informasi dan komunikasi publik di Pemda Barru.

Presidium KAHMI Barru, Ahmad Kamal yang juga menyampaikan arahannya, mengarah ke motivasi untuk memaksimalkan potensi dengan memahami makna dalam Surah Al Ashr.

"Demi masa, sesungguhnya jika tidak memanfaatkan masa muda maka akan merugi, dan jika telah memaksimalkan upaya dengan ikhtiar, berusaha, maka kita diminta bersabar, bertawakal, " pungkas Ahmad Kamal yang berharap pemuda masa kini memulai dengan kemauan agar dapat membuka semua jalan menuju kesejahteraan.

(Ahkam)

Barru Sulsel
Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi

Artikel Sebelumnya

Suardi Saleh: Kabupaten Barru akan Jadi...

Artikel Berikutnya

Suardi Saleh Terima Kunjungan Komisaris...

Berita terkait

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 325

Postingan Tahun ini: 1340

Registered: May 24, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 320

Postingan Tahun ini: 2049

Registered: Jul 16, 2020

Basory

Basory

Postingan Bulan ini: 173

Postingan Tahun ini: 595

Registered: Oct 11, 2021

Maskuri

Maskuri

Postingan Bulan ini: 172

Postingan Tahun ini: 276

Registered: Mar 10, 2022

Profle

Agung widodo

Prajurit TNI Kodim Klaten dan Warga Nanggulan Turunkan Material Dengan Strategi Tempur
Adanya Program TMMD Reg di Kodim Klaten, Ini Harapan Pedagang Keliling di Desa Nanggulan
Kakek Sumarno Setiap Hari “Mainkan Cangkul” bantu Penyiapan Satgas TMMD Reg 113 
Pasang Umbul-umbul, Oh, Begini Cara Warga Nanggulan Untuk Menyambut TMMD

Follow Us

Recommended Posts

Guru Besar Unhas Puji Kebijakan Gubernur Sulsel Tahan TPP ASN Yang Tak Vaksin Booster 
Pemprov Sulsel Lakukan Penanaman 39 ribu Batang Mangrove di Desa Marannu Maros
Gubernur Sulsel Buka 69th COE Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Indonesia
Kementerian ATR Apresiasi Gubernur Sulsel Terkait Pemahaman Tata Ruang
Gubernur Sulsel Lapor Menteri PUPR Terkait Kondisi Jalan Menuju Seko - Rampi