Bupati Barru Ikuti Seminar Nasional Transformasi Perizinan Berbasis Resiko Secara Virtual

Bupati Barru Ikuti Seminar Nasional Transformasi Perizinan Berbasis Resiko Secara Virtual

BARRU--Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si mengukuti Seminar Nasional Transformasi Perizinan Berbasis Resiko Dalam Perizinan Tambang dalam rangkaian Hari Antikorupsi Sedunia 2021 secara virtual di Barru Smart Centre, Rabu 1/12/2021.

Seminar ini dilaksanakan di kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai lokasi pelaksanaan yang diikuti oleh Seluruh Kabupaten/Kota Se-Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sulut, Gorontalo, Kaltim dan Kalut.

Kegiatan yang menjadi rangkaian Hari Anti Korupsi Sedunia dibuka oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri  dengan mengusung tema “Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi”.

Dalam sambutannya Ketua KPK, menyampaikan,  Bangsa ini dilanda bancana alam dan non alam terdiri dari  narkoba, terorisme dan radikalisme dan korupsi.

"Korupsi adalah kejahatan yang tak bisa ditelorir karena merugikan negara, untuk itu jangan melakukan korupsi." pesan Ketua KPK kepada seluruh Peserta.

Firli Bahuri menyampaikan Salah satu untuk mewujudkan tujuan negara, menjamin stabilitas politik dan keamanan, menjamin keselamatan masyarakat dari segala gangguan bencana dan pertumbuhan ekonomi, menjamin kepastian kemudahan investasi dan perizinan, menjamin keberlasungan program pembangunan nasional,  

Lebih lanjut Ketua KPK menyampaikan, Apa itu Korupsi ?(UU No.31 / 1999 Jo.UU No.20 / 2001 ) (EXTRAORDINARY CRIME) Korupsi adalah Kejahatan serius, Negara gagal dalam mewujudkan tujuan negara akibat korupsi, Korupsi bukan hanya kejahatan merugikan keuangan negara, bukan saja merugikan perekonomian negara tetapi korupsi merupakan bagian dari kejahatan merampas hak-hak rakyat dan hak asasi manusia, karena itu korupsi bisa dikatakan sebagai kejahatan melawan kemanusiaan ( Corruption is a Crime Against Humanity), ujarnya

Ia juga menyampaikan peran penting Kepala Daerah, Yaitu: Mewujudkan tujuan Negara, Menjamin stabilitas politik dan keamanan,  menjamin keselamatan masyarakat dari segala gangguan bencana dan pertumbuhan ekonomi, menjamin kepastian kemudahan investasi dan perizinan berusaha, menjamin keberlangsungan Program Pembangunan Nasional.

Dirinya juga menambahkan bahwa Pemberantasan Korupsi dilaksanakan dengan 3 pendekatan, yaitu : Pendidikan Masyarakat sebagai core business, KPK disamping pencegahan juga penindakan.

Dengan demikian maka pemberantasan korupsi dilakukan dengan 3 pendekatan yaitu : Pendekatan pendidikan Masyarakat (public education approach). Pendekatan Pencegahan (Preventif approach). Pendekatan Penindakan (Law enforcement approach).

(Hms/M.Kadri)

M.Kadri

M.Kadri

Artikel Sebelumnya

Wakil Bupati Barru Hadiri Tasyakuran Aqiqah...

Artikel Berikutnya

Bupati Barru H. Suardi Saleh Terima Delegasi...

Berita terkait

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 325

Postingan Tahun ini: 1340

Registered: May 24, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 320

Postingan Tahun ini: 2049

Registered: Jul 16, 2020

Basory

Basory

Postingan Bulan ini: 173

Postingan Tahun ini: 595

Registered: Oct 11, 2021

Maskuri

Maskuri

Postingan Bulan ini: 172

Postingan Tahun ini: 276

Registered: Mar 10, 2022

Profle

Agung widodo

Prajurit TNI Kodim Klaten dan Warga Nanggulan Turunkan Material Dengan Strategi Tempur
Adanya Program TMMD Reg di Kodim Klaten, Ini Harapan Pedagang Keliling di Desa Nanggulan
Kakek Sumarno Setiap Hari “Mainkan Cangkul” bantu Penyiapan Satgas TMMD Reg 113 
Pasang Umbul-umbul, Oh, Begini Cara Warga Nanggulan Untuk Menyambut TMMD

Follow Us

Recommended Posts

Guru Besar Unhas Puji Kebijakan Gubernur Sulsel Tahan TPP ASN Yang Tak Vaksin Booster 
Pemprov Sulsel Lakukan Penanaman 39 ribu Batang Mangrove di Desa Marannu Maros
Gubernur Sulsel Buka 69th COE Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Indonesia
Kementerian ATR Apresiasi Gubernur Sulsel Terkait Pemahaman Tata Ruang
Gubernur Sulsel Lapor Menteri PUPR Terkait Kondisi Jalan Menuju Seko - Rampi